BANJIR, TAPI DAPAT ADIPURA

12 Jun 2013

Wedung Demak - Banyak warga Kota Semanapura mengaku heran, karena Kota Semanapura bisa mendapatkan penghargaan Adipura dari pemerintah pusat pada tahun ini. Sebab persoalan banjir yang merupakan musuh utama Kota Semanapura masih saja terus terjadi dan makin meluas. Meskipun tumpukan sampah sudah jarang terlihat, tetapi terkadang masih juga menjadi persoalan di beberapa tempat.

penyerahan piala adipuraAndi, salah seorang pekerja yang setiap hari harus turun di terminal Menirbuaya mengaku sedih atas kondisi tersebut. saya setiap hari mau tidak mau harus turun di Menirbuaya yang sudah semakin tidak nyaman karena banjirnya semakin menggila, ujarnya ketika baru turun dari bis. Dia pun akhirnya memilih turun diluar terminal Menirbuaya yang relatif bebas dari banjir.

Selain kondisi banjir di terminal Menirbuaya, tempat yang juga menjadi langganan banjir adalah pasar Kobar. Pasar terbesar di Kota Semanapura ini lambat tetapi pasti sudah mulai merasakan efek dari turunnya permukaan tanah, sehingga banjir mulai sering menggenangi tempat mereka mencari nafkah.

Maryadi salah satu pedagang mengeluhkan banjir yang sering terjadi di pasar Kobar membuat pendapatannya menurun sampai tiga puluh persen. Sejak tempat berjualan saya sering kena banjir, pendapatan saya turun ya kira-kira tiga puluh persenan lah, ungkapnya ketika ditemui di warungnya tempat berjualan peralatan rumah tangga.

Selain masalah banjir, masalah kemacetan juga mulai menjadi musuh utama Kota Semanapura. Seiring dengan membaiknya pendapatan warga Kota Semanapura, maka sudah mulai banyak kendaraan bermotor yang bersliweran di Kota Semanapura, hal ini tentu saja menambah kemacetan jalan di wilayah Kota Semanapura, terutama pada jam-jam sibuk yaitu jam berangkat dan pulang kantor, hampir bisa dipastikan jalan-jalan protokol akan selalu macet, bahkan kemacetan sekarang juga sudah meluas ke jalan-jalan yang berfungsi sebagai penyangga atau jalan yang menuju keluar kota semanapura seperti jalan yang menuju Kabupaten Turangga, Kabupaten Denok dan Kabupaten Beguendal.

piala adipura di negeri tetanggaSementara itu Plt Wali Kota Semanapura Kendra Prihatin menyampaikan, keberhasilan ini bukan milik dia atau pemerintah Kota Semanapura, namun bonus penghargaan itu merupakan milik seluruh warga Kota Semanapura. Hal ini juga berkat kerjasama antar SKPD, pemkot dan pasukan kuning serta swasta yang ikut berperan dalam menjaga kebersihan kota.

“Saya berharap, pekerjaan sebagai penyapu jalan jangan dianggap hanya sebagai kewajiban pekerjaan saja, tapi harus diniatkan sebagai ibadah sehingga bisa dijalani dengan ikhlas,” katanya.

Dalam acara penyambutan Adipura tersebut dihadiri oleh pasukan kuning, Muspida, SKPD, camat dan lurah pemerintah Kota Semanapura. Kendra Prihatin juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa tong sampah kepada perwakilan pasukan kuning.

Semoga dengan keberhasilan pemerintah Kota Semanapura mendapatkan Adipura ini, mampu memberikan inspirasi dan niat kepada jajaran pemerintah Kota Semenapura untuk bisa menyelesaikan persoalan banjir, sampah dan macet yang masih mengancam kota tercinta. (UN).


TAGS adipura penghargaan masalah banjir macet wedung demak


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post