ADA BERKAH DIBALIK MUSIBAH

20 Oct 2012

Musim kemarau tahun ini mendatangkan berkah yang luar biasa bagi para pekerja pembuat sumur dan bis sumur, baik itu sumur artesis ataupun sumur bor. Musim kemarau yang sudah berlangsung selama enam sampai tujuh bulan plus ditambah macetnya air PDAM Bonang dan Wedung karena sobek dan rusak membuat warga Wedung dan Bonang ramai-ramai membuat sumur, dimulai dengan biaya yang paling murah berkisar antara 1 juta sampai yang termahal 14 juta.

Dua minggu setelah positif air PAM tidak bisa mengalir lagi, warga mulai melirik kembali air sumur (bagi yang masih punya), karena sebagian besar warga yang dulu punya sumur setelah ada PAM sumur itu ditutup dan dijadikan Septic Tank. Bagi warga yang sudah tidak memungkinkan membuat sumur artesis akhirnya memurtuskan untuk membuat sumur bor, biaya yang berkisar antara 1 juta sampai 14 juta itu juga menjadikan kedalaman sumur berbeda-beda.

Dengan harga sekitar 1 juta kedalaman sumur bor nisa mencapai 8 – 12 meter, sedangkan harga pembuatan sumur di kisaran 3,5 juta rupiah berkedalaman antara 40-60 meter, sedangkan yang paling mahal (sepengetahuan penulis) adalah 14 juta yang mampu mencapai kedalaman 100 meter agar mendapatkan air tawar yang “nyer”.

Pembuatan sumur bor sendiri pun berbeda-beda, dengan biaya 1 juta itu cukup dilakukan dengan 2 orang saja dan cukup sehari saja waktu yang dibutuhkan, tetapi jika ingin membuat sumur dengan kedalaman 40 meter sampai 100 meter maka dibutuhkan tenaga 5 sampai 7 orang dan waktu pengerjaannya bisa sampai 3 hari.

Disamping itu para lurah sekecamatan Bonang (yang dalam hal ini wilayahnya terkena imbas macetnya aliran air) kemarin ramai-ramai mendatangi dinas pengairan Kabupaten Demak, agar mengupayakan persoalan kekurangan air di wilayah bonang dapat segera dicarikan solusi, karena banyak warga yang terpaksa bertayamum ketika beribadah akibat masjid ataupun musholla sudah tidak punya sumber air lagi.

Sekali lagi penulis hanya bisa berharap dan berdoa, persoalan kekeringan di kecamatan wedung dan bonang ini segera dapat teratasi, karena memang air adalah kebutuhan dasar manusia. 


TAGS kekeringan wedung demak bonang kecamatan desa hikmah musibah nikmat


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post