WEDUNG DALAM KEMARAU

27 Sep 2012

MUSIM KEMARAU

Musim kemarau tahun ini dirasakan sangat parah terjadi di Pulau Jawa. Lebih khusus lagi warga Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, disebut sangat parah karena hujan sudah tidak turun lagi kurang lebih selama 5 bulan. Celakanya satu-satunya harapan warga Wedung untuk mendapatkan kebutuhan airnya dari PAM justru berhenti mulai hari selasa, 25 september 2012.

Hal ini tentu saja membuat kebingungan masyarakat Wedung yang menggantungkan kebutuhan airnya hanya dari PAM. Masyarakat harus mengambil air dari sumur (ngangsu) dari tetangga yang masih punya sumur, hal ini tentu saja merepotkan, disamping banyak juga warga yang sudah menutup sumurnya karena memang sudah tidak pernah digunakan lagi air sumur tersebut.

Salah satu warga yang ditemui Istiqomah mengeluhkan repotnya ngangsu dari sumurnya tetangga karena sumur yang dia miliki sudah ditutup beberapa tahun yang lalu karena sudah tidak pernah digunakan lagi, dan praktis selama ini dia hanya mengandalkan kebutuhan airnya dari PAM yang sekarang lagi macet.

Menurut direktur PAM Kabupaten Demak, Drs. Prayitno macetnya pasokan air dari PAM karena bendungan karet Dero kecamatan Bonang sobek yang mengakibatkan air laut masuk ke dalam instalasi pengolahan air sehingga PAM menghentikan produksi air tersebut. Perlu diketahui jarak bendungan karet Dero dari Laut jawa hanya sekitar 5 Km memang rentan kemasukan air laut yang naik ke hulu selama musim kemarau.

Semoga PAM bisa segera mengatasi macetnya pasokan air sehingga masyarakat bisa segera terbebas dari masalah yang sangat urgen yaitu ketersediaan air, karena bagaimanapun air adalah kebutuhan primer masyarakat dan menjadi tumpuan orang banyak.


TAGS wedung demak kemarau air sulit kekeringan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post