Pengajian Arwah Jama’

11 Jul 2012

Pengajian Arwah Jama’

Masyarakat Wedung mempunyai kebiasaan unik, sebagai masyarakat jawa yang menghormati leluhur dan mempunyai prinsip “mikul duwur mendem jero” yang artinya menyimpan aib para orang tua rapat-rapat dan memulyakan kebaikannya. Maka dalam rangka menyambut bulan Ramadhan (biasanya kegiatan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Sya’ban penanggalan Hijriyah) yang sebentar lagi akan datang, mereka melaksanakan kegiatan pengajian yang diberi nama Arwah Jama’.

Pengajian ini biasanya dilaksanakan dengan mengirimkan doa secara berjamaah, pengurus masjid Wedung mengkoordinir acara tersebut, dengan cara membagikan kertas yang nantinya akan ditulis nama ahli kubur masyarakat Wedung dengan memberikan uang kepada masjid seikhlasnya, sekalian dengan niat sodaqoh. Lalu pengurus masjid akan membacakan nama-nama yang telah ditulis dan dikirim oleh masyakat, acara ini biasanya dilaksanakan selama dua hari dengan acara puncak berupa pengajian, pada hari pertama, acara berupa pembacaan Alqur’an bil ghoib (pembaca Alquran adalah orang yang telah hapal Alquran 30 Juz, dan disimak oleh yang lain).

Kegiatan ini bermula dari pembangunan Masjid Alfalah Wedung yang dulu (kira-kira 10 tahun yang lalu) membutuhkan dana sangat banyak, maka muncullah ide untuk mengumpulkan uang dari anggota masyarakat,tetapi juga bisa mendapatkan pahala bukan saja untuk dirinya sendiri, bahkan ahli kubur atau orang tuanya. Maka para Kyai bermusyawarah untuk mencari solusi atas persoalan tersebut. Sekarang banyak masyarakat di Wedung khususnya yang menggunakan metode ini untuk mencari dana pembangunan masjid ataupun musholla, meskipun sekarang ini pembangunan Masjid Alfalah Wedung sudah “selesai” tetapi karena acara ini sudah dianggap menjadi kebiasaan/ tradisi masyarakat, maka kegiatan ini tetap berlangsung.

Seperti hari ini, Masjid Alfalah Wedung kembali mengadakan kegiatan pengajian Arwah Jama’, yang dilaksanakan selama 2 hari, dan akhirnya jumlah dana yang berhasil di dapat dari kegiatan tersebut total mencapai Rp 5.437.500,- (kalau tidak salah catat). Semoga kegiatan ini bermanfaat dan mendapat ridlo dari Allah SWT. Amiin….


TAGS wedung pengajian tradisi


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post